Saturday, May 2, 2015

hitsuke.blogspot.com

Restorasi Pendidikan Berkarakter Pancasila

Sejarah Hari Pendidikan 
Berbicara tentang pendidikan pasti kita mengenal sosok tentang Ki Hajar Dewantara. Siapa yang tidak kenal sosok tokoh pendidikan Bapak Ki Hadjar Dewantara, tokoh yang berjasa memajukan pendidikan di Indonesia.

Tanggal 2 Mei sejatinya adalah hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara , beliaulah yang dianggap sebagai pahlawan yang memajukan pendidikan di Indonesia, berkat jasa beliau Perguruan Taman Siswa berdiri, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda. Ajaran kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara yang sangat poluler di kalangan masyarakat adalah Ing Ngarso Sun Tulodo, Ing Madyo Mbangun Karso, Tut Wuri Handayani.

Ing Ngarso Sun Tulodo artinya Ing ngarso itu di depan / dimuka, Sun berasal dari kata Ingsun yang artinya saya, Tulodo berarti tauladan. Jadi makna Ing Ngarso Sun Tulodo adalah menjadi seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan bagi bawahan atau anak buahnya.

Ing Madyo Mbangun Karso, Ing Madyo artinya di tengah-tengah, Mbangun berarti membangkitan atau menggugah dan Karso diartikan sebagai bentuk kemauan atau niat. Jadi makna dari kata itu adalah seorang peminpin ditengah kesibukannya harus juga mampu membangkitkan atau menggugah semangat kerja anggota bawahanya. Karena itu seorang pemimpin juga harus mampu memberikan inovasi-inovasi dilingkungan tugasnya dengan menciptakan suasana kerja yang lebih kodusif untuk keamanan dan kenyamanan kerja.

Demikian pula dengan kata Tut Wuri Handayani, Tut Wuri artinya mengikuti dari belakang dan handayani berati memberikan dorongan moral atau dorongan semangat. Sehingga artinya Tut Wuri Handayani ialah seorang komandan atau pimpinan harus memberikan dorongan moral dan semangat kerja dari belakang. Dorongan moral ini sangat dibutuhkan oleh bawahan, karena paling tidak hal ini dapat menumbuhkan motivasi dan semangat kerja.

Pendidikan dan Pancasila
Adalah hal yang menarik ketika peringtan Hari pendidikan Nasional tahun 2015 memasang tema “Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila”. Pilihan tema itu dimaksudkan agar pendidikan di sekolah menjadi sebuah proses pembelajaran tidak hanya untuk mengejar kecerdasan, tapi juga mengarah pada pendidikan moral untuk membangun generasi berkarakter nilai-nilai budaya bangsa yang terumuskan dalam Pancasila. Kita melihat Indonesia dengan problem pendidikannya dari tahun ke tahun mengalami perubahan. Sekilas juga kita saksikan beberapa perubahan kebijakan pendidikan kita akhir-akhir ini seakan-akan meresahkan, membingungkan, dan tanpa kejelasan. Ketika kurikulum pendidikan diubah, dunia pendidikan kita pun bagaikan sampah. Pendidikan moral di Indonesia belakangan mengalami penurunan. Banyak anak negeri kita kehilangan jiwa kebangsaan dan nasionalismenya. Sikap dan tingkah laku mereka terpengaruh oleh budaya asing dari sisi negatifnya. Kemajuan teknologi informasi memudahkan anak didik kita mengakses jaringan internet, bukan untuk pembelajaran hal-hal positif, tapi justru yang negatif. Mereka cenderung tidak mengerti adanya ajaran luhur warisan pendiri bangsa ini. Pancasila hanya mereka pahami secara tekstual. Padahal, nilai-nilai yang ada pada Pancasila merupakan basis pendidikan moral untuk membentuk kepribadian luhur, kepribadian yang berkarakter khas bangsa Indonesia.

Makna pendidikan yang disampaikan Ki Hajar Dewantara di atas seakan-akan lekang dari ingatan tokoh-tokoh pendidikan negara kita dewasa ini. Pendidikan yang seharusnya dijadikan upaya untuk memajukan budi pekerti, dirubah menjadi upaya untuk memakmurkan diri. Pendidikan yang seharusnya dijadikan upaya untuk memajukan pikiran dan tumbuh kembang anak, dirubah menjadi upaya untuk membentuk generasi anak bangsa “membeo” terhadap negara luar. Pendidikan negeri ini sudah tidak berdiri diatas kaki sendiri. Pendidikan negeri ini sudah jauh dari kontekstualisasi nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup yang sejati. Dan, yang lebih memperihatinkan lagi, pendidikan kita dewasa ini seperti tengah dirasuki oleh faham-faham emoral yang membanggakan diri sendiri. Maka menengok tema peringatan Hari Pendidikan tahun ini, mental pendidikan negeri kita harus segera direvolusi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, “Cerdas” mengandung arti sempurna perkembangan akal budinya untuk berpikir dan mengerti. Manusia yang cerdas adalah manusia yang mampu membumikan visi kehidupan ke arah yang lebih baik, kemudian mampu mensinergikan akal dengan jiwa suci dalam meraih masa depan yang lebih baik.

Sedangkan, tumbuh berarti mempunyai kemajuan. Jadi, Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila dapat kita artikan sebagai sebuah upaya untuk menyempurnakan akal budi dan kemajuan berpikir generasi kita untuk hidup dan bersifat (berkarakter) seperti yang tertuang dalam Pancasila sebagai pedoman kehidupan bangsa, terlebih dunia pendidikan kita.

Generasi Pancasilais adalah generasi ber-Ketuhan Yang Maha Esa, berkemanusiaan yang adil dan beradab, menjunjung tinggi persatuan, memiliki kepatuhan terhadap pemimpin yang bijaksana dan mengedapankan permusyawaratan dalam kehidupan, serta sejajar dan selaras dalam bingkai keadilan disetiap lini kehidupan.

Jika kita kaitkan dengan berbagai persoalan yang melanda bangsa kita dewasa ini, tentunya tema peringatan Hardiknas yang diusung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini adalah isyarat bahwa pendidikan Indonesia semoga dikembalikan kesejatiannya dengan menguatkan aqidah dan keimanan, serta memegang teguh prinsip kemanusiaan yang sama dan adil tanpa berpijak dengan dipandu komplotan asing yang mengintai dan merusak generasi bangsa. Dan, kesemuanya itu telah menjadi tujuan dari pendidikan yang diungkapkan Bapak Pendidikan kita, Ki Hajar Dewantara seabad yang silam, yang hanya menitikberatkan kemajuan budi pekerti untuk kemajuan kehidupan generasi bangsa.

Kita selaku insan pendidikan, diwajibkan untuk siap menghadirkan generasi berkarakter Pancasila di negeri ini, namun dengan satu syarat biarkan kami berkreasi tanpa diprovokasi dengan kurikulum yang gonta-ganti. Jangan bedakan ikhtiar kami dengan sekolah-sekolah yang setiap hari didinginkan dengan angin buatan. Dan, perlu diingat prestasi kami bukan status PNS namun pemikiran dan kelayakan untuk membentuk generasi bangsa yang taat dan beradab.

Memperingati hari pendidikan ini , marilah kita hembuskan napas-napas harapan dengan semangat penuh pengabdian, ikhlas, dan mengharapkan ridho Allah SWT dalam perjuangan menegakkan kebaikan, menjembatani kecerdasan, menghapus perlahan kebodohan, mengkaji pantas dan tidaknya kita menjadi inspirator dalam kerinduan generasi bangsa yang sudah lama memimpikan generasi Pancasilais untuk mereka persembahkan dan saksikan kepada Tuhan-nya, kepada Malaikat, Kepada teladannya, kepada orang tuanya, kepada gurunya, kepada nusa dan bangsa, dan kepada tanah tempat berakhirnya kebanggaan dan harga karakter mereka

No comments: